Selasa, 09 Januari 2018

5 FAKTA SMARTPHONE BAGI KESEHATAN



Dunia Punya Cerita - Di jaman yang super canggih ini, jika tidak memiliki smartphone pasti akan terlihat aneh. Karena hidup akan terasa sangat membosankan jika anda tidak memiliki smartphone. Keberadaan smartphone pun sangat membantu. Mulai dari berkomunikasi dengan mereka yang berjarak jauh denganmu, memesan layanan online, hingga mengabadikan momen berharga. Jika dipergunakan secara baik, smartphone tentu saja memberi banyak kemudahan. Namun jika anda menggunakan smartphone secara berlebihan dan tidak bisa melepaskan diri dengan smartphone, maka bisa dipastikan bahwa kehidupan anda akan terganggu. Begitu pula dengan kondisi kesehatan tubuh anda. Berikut ini fakta smartphone mempengaruhi kesehatan anda.

1. Merusak Mata


Pasti diantara kalian akan merasa lelah matanya setelah kalian terlalu lama melihat smartphone. Jika mata terlalu lama menatap layar  smartphone, maka cahaya smartphone akan menyebabkan mata kering. Agar terhindar dari mata kering upayakan sehabis melihat layar smartphone luangkan waktu setiap 20 menit sekali untuk melihat ke kejauhan atau area selain layar smartphone sepanjang 20 meter ke depan selama 20 detik.

2. Sinyal Wi-Fi Mampu Menurunkan Kualitas Sperma


Sebuah penelitian di Argentina menunjukkan, kualitas sperma yang terpapar sinyal Wi-Fi cenderung lebih buruk dibandingkan yang lain. Dalam penelitian, para ilmuwan mengambil sampel sperma secara acak dari 29 laki-laki. Sebagian diletakkan di ruangan yang memiliki sinyal Wi-Fi, sebagian lagi dijauhkan dari jaringan internet. Setelah 4 jam, Sebanyak 25 persen sperma yang terpapar sinyal Wi-Fi akhirnya mati, sedangkan sperma yang jauh dari koneksi internet hanya 14 persen saja yang mati.

3. Meningkatkan Obesitas


Biasanya jika orang yang sudah kecanduan smartphone maka segala aktivitas yang dilakukan akan melibatkan smartphone di dalamnya. Bahkan sudah tak heran lagi jika saat makan sendok di tangan kanan dan smartphone di tangan kiri. Jika sudah begitu otomatis kita akan terus makan tampa merasa jika sudah kenyang. Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu dengan smartphone hingga larut malam akan berisiko tinggi untuk terkena obesitas karena masalah metabolik yang terjadi pada diri mereka.

4. Membahayakan Sendi Jari


Jika sudah terlibat dengan chatting yang seru maka kita akan lupa waktu, sehingga bisa terus terusan melakukan chatting. Tanpa disadari melakukan kegiatan ketik akan menyebabkan nyeri sendi pada jari dan tangan.

5. Membuatmu Menderita Cell Phone Elbow


Chatting secara berlebihan juga bisa membuat anda menderita cell phone elbow. Peneliti menamakan kondisi ini demikian karena saat anda sedang melakukan chatting, maka siku menekuk pada sudut tertentu dengan waktu lama yang menyebabkan kompresi dan rasa sakit pada saraf ulnaris.

0 komentar:

Posting Komentar