Minggu, 04 Februari 2018

6 BUAH PENCEGAH DEHIDRASI



Dunia Punya Cerita - Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan gula-garam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Ketika terjadi dehidrasi di dalam tubuh, maka tubuh akan terasa lemas dan tidak bergairah. Dehidrasi umumnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi air mineral. Namun demikian, bagi para penggemar buah-buahan, cara ini bisa dilakukan untuk menghindarkan Anda dari dehidrasi.

1. Nanas


Nanas bersifat diuretik dan inflamasi. Di dalam nanas terdapat kandungan air sebesar 95% dan termasuk dalam makanan yang berkalori rendah. Nanas juga mengandung enzim bromelain yang sangat baik bagi pencernaan. Kandungan vitamin C, potasium dan magnesium yang terkandung pada buah nanas dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit dan infeksi.

2. Prem


Bentuk buah prem ini mirip dengan persik. Buah berukuran kecil ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan air sebesar 87 persen dan serat alami ini membuat buah prem sangat baik untuk meningkatkan kinerja organ pencernaan. Selain itu, buah prem juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kinerja jantung. Dengan menikmati buah ini, kadar kolesterol dalam tubuh dapat terkendali dan Anda bebas dari dehidrasi.

3. Ceri


Dalam 100 gram ceri, terdapat 85 persen air. Hal inilah yang dapat membebaskan tubuh Anda dari dehidrasi. Hal itu juga dibantu dengan kandungan beta-karoten dan vitamin E yang terkandung di dalam buah ceri.

4. Melon


Pada buah melon terdapat kandungan air sebanyak 86 persen pada buah ini dapat memberikan serat bagi tubuh dan bersifat antioksidan yang dapat melindungi sel. Melon juga dapat mengatur kadar elektrolit dalam tubuh. Hal ini dapat menjaga keseimbangan pada tubuh, terutama saat sedang berkeringat. buah ini juga dipercaya dapat menjaga kesehatan ginjal.

5. Semangka


Semangka mengandung mineral esensial, kalium, magnesium, dan zat besi, yang dapat menjaga keseimbangan elektrolit pada tubuh. Semangka juga mengandung vitamin A dan C yang dapat menjaga kesehatan kulit. Selain itu, buah ini juga dapat mengatur pH darah.

6. Jeruk Bali


Jeruk Bali memiliki sifat diuretik dan anti-inflamasi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan otot dan sendi. Antioksidan pada buah ini pun dapat meningkatkan proses regenerasi sel kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

7. Persik


buah persik mengandung 89 persen air, vitamin A dan B kompleks. Hal inilah yang dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Kandungan karotenoid dan polifenol pada buah persik pun dapat membantu melindungi sel dari stres oksidatif. Selain itu, mengonsumsi buah ini pun dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar