Jumat, 26 Januari 2018

7 TANDA GEJALA PENYAKIT GINJAL



Dunia Punya Cerita - Ginjal adalah organ berbentuk seperti kacang yang merupakan organ utama dalam sistem eksresi manusia. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Berikut adalah 7 tanda ginjal anda tidak bekerja dengan baik.

1. Kesulitan Untuk Tidur


Salah satu fungsi ginjal adalah untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh melalui urine. Peningkatan kadar toksin membuat penderita mengalami kesulitan tidur dan meningkatkan penurunan fungsi ginjal. Yang perlu anda perhatikan adalah jika seseorang berhenti nafas saat tertidur kemungkinan ginjalnya sudah parah.

2. Merasa Pusing, Lelah, dan Lemas


Ginjal yang sehat dan berfungsi baik akan mengubah vitamin D tubuh untuk menghasilkan hormon pembentuk tulang yang bernama Erythropoietin. Hormon Erythropoietin sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Tak heran jika penderita ginjal akan cepat merasa lelah dan sakit kepala karena kekurangan sel darah merah.

3. Kulit Kering dan Gatal


Karena pekerjaan ginjal adalah membuang limbah atau racun dari darah, membantu menghasilkan sel darah merah dan menjaga jumlah mineral dalam tubuh, jadi kulit yang kering dan gatal bisa jadi salah satu indikasi adanya masalah dengan ginjal sehingga dia tidak bisa menjaga jumlah mineral dalam tubuh lagi.

4. Masalah Bau Mulut


Bau mulut adalah tanda bahwa aliran darahmu sudah terkontaminasi. Selanjutnya, kamu akan kehilangan nafsu makan dan tidak lagi suka makan daging. Hal ini akan menyebabkan penurunan berat badan yang drastis.

5. Kesulitan Bernafas


Jika ginjal anda sudah tidak bekerja dengan baik, maka semua cairan akan menuju ke paru paru. Tentu hal itu akan membuat anda merasa susah untuk bernafas. Jika hal ini terus terjadi maka cepatlah untuk tanyakan ke dokter.

6. Terjadi Pembengkakan Pada Pergelangan Kaki dan Tangan


Ginjal yang mulai rusak akan menyebabkan retensi natrium yang membuat terjadinya pembengkakan pada pergelangan tangan dan kaki. Jika anda mengalami gejala ini, bukan hanya ginjal yang harus anda waspadai tapi juga kemungkinan gagal jantung, kelainan hati atau masalah pembuluh darah.

7. Perubahan Pada Buang Air Kecil


Ginjal berfungsi untuk memproduksi air kencing dan mengeluarkan racun melaluinya. Perubahan frekuensi, bau, warna dan tampilan urin jangan diabaikan. Kalau anda merasa mengalami perubahan yang signifikan dalam hal itu semua, maka sudah saatnya anda menemui dokter untuk diperiksa.

0 komentar:

Posting Komentar