Minggu, 14 Januari 2018

5 MANFAAT SAMPAH DARI BUAH DAN SAYUR YANG MEMILIKI KANDUNGAN TINGGI



Dunia Punya Cerita - Buah dan sayuran memiliki beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral tersebut memiliki fungsi dalam memenuhi asupan nutrisi tubuh sehari-hari agar tubuh senantiasa fit dan sehat. Jika kita memakan buah pasti bagian kulitnya akan kita buang dan bagian dagingnya saja yang dimakan. Namun tidak semua buah dan sayur akan berakhir dengan demikian. Ada beberapa buah dan sayur yang kulitnya memiliki kandungan gizi yang tinggi. Berikut beberapa kulit buah dan sayur yang tinggi kandungan gizinya.

1. Kulit Kiwi


Buah ini kaya akan kandungan serat, kulitnya berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik. Selain dagingnya yang bermanfaat, ternyata kulitnya juga mengandung serat tiga kali lipat dari buahnya sendiri.

2. Rambut Jagung


Biasanya jika memakan jagung pasti kita akan membuang rambut rambut yang ada pada jangungnya. Padahal hal yang di anggap sangat mengganggu saat makan jangung ini sangat berkhasiat. Manfaat rambut jagung untuk diabetes, organ ginjal dan hipertensi bisa dilihat dari kandungan nutrisi, vitamin serta zat alami di dalamnya. Kandungan bermanfaat tersebut adalah protein, karbohidrat, mineral potasium, vitamin K, vitamin C, dan serat. Jika anda berminat untuk mencicipinya, anda bisa mengunyah rambut jangungnya setelah dibersihkan.

3. Batang Strawberry


Batang dan daun strawberry juga menyehatkan. Daunnya mengandung komponen bioactive, termasuk anti peradangan dan flavonoid untuk melawan sejumlah penyakit. Kaempferol yang terkandung di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Kulit Bawang Merah


kulit bawang merah yang selama ini dibuang ternyata memiliki kandungan yang tinggi. Karena, kulit bawang merah mengandung quercetin. Quercetin adalah suatu pigmen tanaman yang bisa membantu mengurangi tekanan darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga terhindar dari penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi atau stroke. Kulit bawang juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan, dan senyawa fenolik yang diketahui dapat mencegah penyakit koroner.

5. Biji Nangka


Rasa biji nangka ini sangat gurih, mirip singkong rebus. Selain enak, biji nangka mengandung banyak serat yang baik untuk program diet. Selain itu, kandungan vitamin B berupa thiamine dan riboflaving cukup tinggi. Sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mata.

0 komentar:

Posting Komentar