Jumat, 09 Februari 2018

5 HUKUMAN TERSADIS DI DUNIA BAGI PARA KORUPTOR



Dunia Punya Cerita - Korupsi adalah suatu hal yang sangat tidak baik di lakukan atau tindakan penyalahgunaan jabatan pada diri sendiri sehingga mengakibatkan banyak kerugian di negara sendiri, perusahaan ataupun di masyarakat sekitarnya. Setiap negara juga punya hukuman tersendiri yang bisa membuat  sang koruptor jera dan tidak mengulangi aksi yang sama. Berikut ini 5 hukuman bagi koruptor di berbagai dunia.

1. Filipina, Dijatuhkan Dari Helikopter


Rodrigo Duterte adalah seorang presiden Filipina sejak Juni 2016 lalu. Belum genap 2 tahun menduduki kursi presiden, Duterte telah tercatat pernah menjatuhkan koruptor dari atas helikopter, hal tersebut juga berlaku untuk kasus penculikan. Duterte memang tak segan menerapkan hukuman yang dinilai kejam atas setiap kejahatan di Filipina.

2. Arab Saudi, Hukum Pancung


Negara Arab Saudi terkenal dengan negara yang taat agama Islam. Bagi yang mencuri biasanya akan di potong tangannya. Begitu juga dengan yang mengambil uang negara, pemerintah Arab Saudi menerapkan hukum pancung bagi setiap pejabat yang berani ‘mengambil’ uang negara. Terdengarnya memang kejam dan kurang manusiawi, tapi terbukti hukum pancung memberi efek jera.

3. Korea, Dijadikan Sebagai Makanan Anjing


Ada banyak jenis hukuman yang diterapkan di Negara yang terkenal dengan rudalnya ini, ada hukum tembak, diracun, dibakar hidup-hidup hingga dijadikan sebagai santapan Anjing. Eksekusi yang disebut Quan Jue ini memang membiarkan Anjing liar kelaparan selama 3 hari, lalu sang kuruptor ditelanjangi untuk kemudian dilempar ke kandang Anjing.

4. China, Eksekusi Mati


Bagi China, hanya ada dua pilihan yang membuat sang koruptor jera, yaitu penjara seumur hidup atau eksekusi mati, plus sudah ada peti khusus untuk mereka. Kasus nyatanya seperti yang dialami oleh mantan Menteri Perkeretaapian, Liu Zhijun yang dihukum dengan cara ditembak karena kasus suap yang ia lakukan.

5. Malaysia, Hukum Gantung


Sejak tahun 1961 Malaysia membuat undang-undang khusus yang berisi aturan hukum gantung kepada setiap pejabat yang berani menggelapkan uang negara. Dan terbukti, para pejabat akan berfikir dua tiga kali jika mau menyentuh uang rakyat yang bukan hak mereka.

0 komentar:

Posting Komentar